Sahabatku, tak kan tergantikan

waktu terasa semakin berlalu
tinggalkan cerita tentang kita
akan tiada lagi kini tawamu
tuk hapuskan semua sepi di hati

ada cerita tentang aku dan dia
dan kita bersama saat dulu kala
ada cerita tentang masa yang indah
saat kita berduka saat kita tertawa

teringat di saat kita tertawa bersama
ceritakan SEMUA TENTANG KITA

by Peterpan

Lantunan lagu peterpan menggugah kembali rinduku yang sudah terbendung lama dalam hatiku. selalu ada cerita yang akan menjadi bahan dongeng ku untuk anak-anak ku kelak. dengan sangat bangga pasti akan kuceritakan semua yang telah ku lalui bersama sahabatku ini. agar kelak anak-anak ku juga mempunyai sahabat yang tak kalah membanggakan dari sahabt ayahnya. ku berharap anak-anak kami kelak juga akan mempunyai hubungan persaudaraan yang erat layaknya sebuah keluarga. aku tak mau berharap anak-anak ku akan mempunyai teman yang aku punya saat ini di kota tinggalku saat ini. keegoisan dan amarah selalu menyertai dalam setiap kegiatan. ahh aku tak mau membayangkannya.

baru kusadar saat lirik lagu itu sampai pada lirik “akan tiada lagi kini tawamu tuk hapuskan semua sepi di hati”, aku merasa kesepian dalam ramai kota tempatku saat ini. pantas aku merasa banyak yang hilang dari hidupku saat aku mulai menginjakkan kaki di bogor ini. ternyata baru kusadari, senyum dan tawa mereka lah yang selama ini hilang. sempat aku mencoba untuk mencari teman pengganti itu di sini. namun keadaan yang membuat semua sangat berbeda. mungkin karena latar belakang kami yang membuat hubungan ku dengan temanku disini layaknya mencari gula di tengah asinnya lautan. dan hasilnya adalah nihil. aku tak bisa menggantikan kebersamaan kami di sana, di kota kelahiranku. Kediri.

ketika pertama kali lagu itu dinyanyikan dan mulai meninggi, aku tak begitu meresapinya. tapi benar, lagu yang ada sekarang mungkin akan berarti bila diingat 5 sampai 10 tahun ke depan. pada bangku SMP kelas 1 lagu itu mulai naik ke permukaan, dan sekarang baru aku menyadari arti dari lagu itu dalam kehidupanku. aku tak boleh meninggalkan semua kenangan-kenangan indahku bersama kepergianku di kota ini. sejarah akan menuliskan betapa indah dan berharganya sebuah persahabatan yang telah kami torehkan dengan tinta emas kebersamaan kami. aku yakin sahabat-sahabatku di sana juga merasakan perasaan yang sama seperti yang aku rasakan sekarang. hanya mungkin apresiasi kami berbeda-beda. contohnya aku yang mengapresiasikan rasa ku ini lewat tulisan.

ingin tertawa aku ketika mendengar syair lagu sampai pada “ceritakan semua tentang kita”. memang setiap waktu kami, kami habiskan dengan cerita. walaupun hanya bercerita, kami bisa menghabiskan semalam suntuk tanpa kantuk. dan yang pasti dengan bantuan kopi, kacang, dan kadang-kadang rokok. semua cerita kebodohan, kenakalan, sampai pengalaman memalukan sering kami bicarakan dalam forum non fiksi itu. hingga tak ada lagi batasan kami untuk saling mengenal satu sama lain. jarang sekali ada konflik dalam geng kami. hanya topik-topik yang sekiranya mengancam persahabatan dan masalah perorangan sajalah yang kami bicarakan dengan serius, sangat serius malahan jika sudah masuk dalam zona kritis. selain masalah-masalah itu, kami hanya diskusi santai dan hanya berisi guyonan.

sungguh indah persahabatan itu kurasakan. anda yang mempunyai sahabat sejati pasti sangat tahu betul kebahagiaan seperti apa yang ada dalam hati kami. iya, jawabannya tak kan mungkin bisa diungkapkan dengan kata-kata. hanya kebanggaan yang bisa kami toreh dalam kebersamaan ini.

By Argha Aditya Cipta Nugraha
Special presented to : Alim Adi Tantomo, Andrian Fauzi Desmalasa, dan Feri Ketut Wijanarko & fam.

to be continued…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *