Foto Stage: Ngabuburit bareng GIGI Reunion, Bogor

Sabtu, 4 Agustus 2012, saya kembali mendapat kesempatan untuk mengabadikan foto salah satu konser yang rutin diadakan setiap tahun di bulan ramadhan. Ya benar, GIGI (Reunion) bersama Djarum Coklat dan Woods tahun ini menyambangi Kota Bogor. Bertempat di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, konser “Ngabuburit” bersama GIGI ini masih dan semoga selalu bisa dinikmati secara cuma-cuma alias gratis. Walaupun sebenarnya saya kurang begitu familiar dengan lagu-lagu GIGI selain “Janji”, “Pintu Surga”, dan “Nakal”. Tujuan saya sebenarnya hanyalah untuk mendapatkan foto panggung dari salah satu Band papan atas Indonesia.

Beruntung ketika saya dan Mas Ro (salah satu senior saya di Fahutan IPB) tiba di lokasi, para penikmat GIGI belum terlihat memenuhi area panggung. Padahal sempat was-was ketika melihat baliho super besar yang menuliskan bahwa start mulai pukul 15.00 hingga pukul 22.30 dan ketika sekilas membaca baliho tersebut, jam sudah menunjukkan angka 3 lebih. Seusai parkir kendaraan, kami segera merapat ke panggung setelah sebelumnya adu narsis di background personil GIGI yang disediakan panitia khusus untuk poto-poto. Akhirnya kami berdiri tepat di balik pagar yang membatasi penonton member dan non member GIGI Kita (menurut informasi dari Mas Ro, penonton yang sudah menjadi member GIGI Kita bisa masuk ke dalam pagar hingga bisa lebih dekat dengan sang idola, entah benar atau tidak saya yang hanya sebagai penikmat musik cuma bisa mengangguk). Sempat terbesit penyesalan karena saya mengurungkan niat untuk membawa senjata saya –Nikon D3100- karena khawatir akan terjadi hal-hal di luar dugaan, salah satunya tawuran yang biasanya terjadi di konser-konser musik gratis Indonesia. Berbekal kamera pocket bertuliskan Olympus pinjaman dari salah seorang teman, saya mencoba mengabadikan moment-moment konser yang penuh dengan tantangan. Kenapa tantangan? Karena begitu susah untuk mendapatkan foto yang tajam dengan banyaknya gerakan para personil. Agak sedikit salah memilih tempat karena arah matahari yang berada di 90o sebelah kiri saya sehingga foto yang dihasilkan kurang maksimal. Apalagi dengan hanya berbekal kamera pocket. Berikut foto-foto hasil jepretan saya selama aksi panggung,

 

Mungkin tulisan ini juga sedikit me-review kemampuan Olympus VR-310.

Performa memotretnya saya rasa kurang jika digunakan untuk memotret objek dengan banyak gerakan. Autofokusnya juga sering terjadi miss sehingga hasil gambar tidak tajam pada objek utamanya. Kemudian prosesing setelah jepret juga termasuk lama sehingga seringkali kehilangan momen yang baik. Keunggulan dari kamera ini terletak pada zooming hingga 10 kali dan kemampuan untuk menangkap warnanya yang sangat baik. Namun untuk menjadi senjata pada sebuah konser atau foto panggung, tidak disarankan memakai kamera ini. Namun jika untuk mengabadikan pemandangan, kamera ini sudah tepat untuk menemani jalan-jalan anda.

Salam.

0 thoughts on “Foto Stage: Ngabuburit bareng GIGI Reunion, Bogor”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *